Tips Jitu Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal

Tips Jitu Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal – Bagi anda yang ingin mancing ikan bawal sangat perlu mengetahui bagaimana cara memancing yang baik juga rangkaian pancing yang benar, karena ikan bawal memiliki gigi tajam yang bisa memutuskan tali pancing jika kita tidak mengetahui cara merangkai pancing yang tepat.

Tips Jitu Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal

Untuk itu, disini kami akan memberikan tips jitu membuat rangkaian pancing ikan bawal yang tepat, sebagai berikut :

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Nilon / Seling / Senar / Nikelin
  2. Mata kail ukuran 4/5
  3. Kili-kili (swivel)
  4. Timah : sebesar biji jagung
  5. Joran dan senar
  6. Pelampung

Untuk Rangkaian Berpelampung

  • Rangkaian berpelampung adalah rangkaian umum yang banyak digunakan oleh para pemancing karena kodenya mudah terbaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila menggunakan peniti khusus pelampung serta karet pembatas khusus pelampung (stopper) yang membuat rangkaian pancing menjadi lebih parktis pada joran anda.
  • Namun, rangkaian pelampung ini sangat cocok digunakan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman air maks 2 meter. Ukuran kedalaman air ini harus tepat agar jarak pelampung dan umpan tidak terlalu jauh sehingga ikan tidak mudah lepas saat joran dihentakan. Jangan pula terlalu pendek, karena menyebabkan pelampung tenggelam dan umpan mengambang.

Untuk Rangkaian Glosor

  • Menggunakan rangkaian ini ada untung, yaitu bisa melemparkan mata kail jauh lagi ke tengah, mudah juga mendeteksi umpan yang disambar sebelum umpan mencapai dasar, serta tidak membuat kenur anda dan kenur lain berbelit, dan juga anda tidak perlu memincingkan mata untuk melihat pelampung yang jauh cukup melihat masuknya kenuh ke dalam air dan rasakan umpan termakan dengan sentuhan jari, namun terkadang mata kail sudah menancap sendiri tanpa perlu kita hentakan lagi.
  • Karena gigi ikan bawal ini sangat tajam kita perlu pemikiran khusus untuk rangkaian pancing. Dimana para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal, tetapi ada cara lain dengan menggunakan benang nilon yang dipasangkan kelem (pipa besi kecil). Benang nilon ini tidak kaku seperti seling sehingga mudah dihisap ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai bisa tergantung kebutuhan anda, yang terpenting rangkaian di dekat mata kail.

** Itulah tips jitu membuat rangkaian pancing ikan bawal yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam Joran Melengkung!


REKOMENDASI UMPAN IKAN BAWAL PRAKTIS SIAP PAKAI ~ MASTER UMPAN IKAN BAWAL

Tips Jitu Membuat Rangkaian Pancing Ikan Bawal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *